Walikota Hadiri Rakornas Di Batam, Pemko Sibolga Siap Sukseskan Pemilu 2019

Nasional993 Dilihat

BATAM NEWS – JAM 15.00 WIB

Pemerintah Kota Sibolga berkomitmen kuat mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak April tahun 2019 yang akan datang.

Komitmen kesiapan itu disampaikan Walikota Sibolga disela – sela pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional di Ball room Golden View Hotel Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (28/2) pagi.

Di Batam, Walikota Sibolga didampingi Kakan Kesbangpol Kota Sibolga, mengikuti rapat finalisasi pemerintah terkait kesiapan dari masing-masing stakeholder pemilu serentak tahun 2019.

Selain pemerintah daerah, Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional ini juga diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri, Komandan Kodim dan Kapolres se-Sumatera.

Kembali kepada kesiapan Pemko Sibolga menghadapi pemilu nanti, Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk kepada Sisikota menjelaskan bahwa Kota Sibolga telah melakukan banyak hal untuk suksesnya pemilu serentak 17 April 2019 nanti.

Bersama-sama dengan KPU Kota Sibolga upaya untuk memaksimalkan tingginya partisipasi masyarakat terus dilakukan. Pemko Sibolga dan KPU setempat menargetkan partisipasi pemilih di Pileg dan Pilpres nanti mencapai 80 persen.

“Saya sudah bertemu dengan KPUD Kota Sibolga beberapa waktu lalu dan kita berkomitmen tingkatkan partisipasi pemilih,” terangnya melalui pesan WhatsApp

Syarfi menjelaskan Sibolga punya trade record yang sangat baik dalam hal penyelenggaraan pesta demokrasi dimulai awal tahun pemerintahannya hingga saat ini.

Syarfi bercerita, Kota Sibolga dalam kurun waktu 3 tahun terakhir telah sukses menyelenggarakan pilkada tahun 2015 dan Pilgub tahun 2018. Ia optimis keberhasilan yang sama akan terulang pada pesta demokrasi pilpres dan pileg nantinya.

“Jadi, Insya Allah saya optimis pilpres dan pileg akan berlangsung dengan aman dan tertib,” papar Syarfi.

Masih kata Syarfi. Pemilu serentak adalah kali pertama dilaksanakan di Indonesia. Pemilu ini selain yang paling rumit sepanjang sejarah juga menjadi pemilu yang paling mencuri perhatian dunia internasional.

Mantan anggota DPR RI ini percaya jika keberhasilan penyelenggaraan pemilu serentak 2019 nanti akan mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia dimata dunia. Namun jika yang terjadi adalah hal sebaliknya maka citra Indonesia sebagai negara paling demokratis ketiga di dunia akan tercoreng.

“Saya yakinnya begitu. Maka, Pileg dan Pilpres ini bukan hanya tugas dan tanggungjawab penyelenggara dalam hal ini KPU, tetapi ini merupakan kewajiban bersama seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya. (st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *