Puan Maharani Resmi Dilantik Jadi Ketua DPR RI

Jakarta News – Puan Maharani akan ditetapkan sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 pada Selasa 1 Oktober 2019, pukul 19.00 WIB. Pimpinan DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe menegaskannya setelah pelantikan anggota dewan.

“Rapat konsultasi pimpinan DPR sementara dengan wakil partai politik DPR pengganti, rapat badan musyawarah telah menetapkan jadwal rapat paripurna dan pimpinan DPR,” ujar Abdul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan pemilihan pimpinan DPR periode 2019-2024 berbeda dengan periode sebelumnya. Lima pimpinan DPR, yaitu ketua dan empat wakil ketua, akan dijabat oleh lima besar partai politik pemenang pemilu.

Karena itu, posisi pimpinan akan ditentukan oleh fraksi-fraksi yang memiliki suara lima besar terbanyak di DPR. Masing-masing fraksi sudah menyerahkan nama-nama anggotanya yang akan menjadi pimpinan DPR.

“Hanya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang belum menyerahkan nama untuk menjadi pimpinan DPR,” terangnya.

Anggota DPR tertua itu mengatakan rapat konsultasi juga sudah menetapkan sembilan fraksi yang ada di DPR, yaitu partai-partai politik yang mendapatkan kursi di DPR. Selain menetapkan pimpinan DPR, rapat paripurna DPR juga mengagendakan pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPR dan pidato perdana Ketua DPR  definitif. (int)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *