Kadis PP – PA Gelar Advokasi & Fasilitas PUG, Keadilan Gender Aspek Penting dan Harus Direspon

oleh -96 views
Dinas PP dan PA Tapteng melaksanakan kegiatan Advokasi dan Fasilitasi PUG bagi perempuan bertempat di Hotel PIA Pandan

TAPTENG NEWS – JAM 11.00 WIB

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinas PP dan PA Tapteng) melaksanakan kegiatan Advokasi dan Fasilitasi PUG bagi perempuan bertempat di Hotel PIA Pandan, pada Kamis (13/02).

Kads PP dan PA Tapteng Tioprida Sitompul, SE mengatakan,  didalam penyelenggaraan Pemerintahan saat ini keadilan Gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktifitas pembangunan.

Kata dia dikarenakan Gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan Global (Millenium Develoment Goal/ MDGS) hasil kesepakatan dari Negara Sedunia. “Artinya semua laki – laki dan perempuan dapat dilibatkan secara optimal dalam peran pembangunan dengan mengedepankan prinsip Kesetaraan.

Menurut dia, perkembangan paradigma pembangunan Gender saat ini lebih menekankan pada Strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan Gender menjadi satu dimensi internal dalam merencanakan, menganggarkan, melaksanakan dan memantau serta mengevaluasi atas berbagai kebijakan.

Salah satu program dan kegiatan pembangunan pada khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, kesetaraan Gender ini sudah di Orientasikan dalam semua kebijakan dan pelaksanaan pembangunan Daerah yang berwawasan Gender yang tertuang dalam peraturan Bupati No 21 Tahun 2018 tentang pedoman umum pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam membangun kesadaran Gender dikalangan aparat Pemerintah maupun Swasta. Salah satunya yaitu dengan diselenggrakannnya acara Sosialisasi pada hari ini,” sebutnya.

“Kita berharap semoga seluruh rangkaian kegiatan dalam acara Sosialisasi Advokasi dan Fasilitasi PUG tahun 2020 ini akan dapat berjalan dengan lancar,” sambungnya.

Pantauan dilokasi Kadis PP-PA didampingi Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga Herlina K. Panggabean, S.K.M dan Narasumber Hariani Siregar, S.Sos, M.AP dari Universitas Sumatera Utara (USU). Peserta kegiatan ini juga melibatkan  OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan dari Kecamatan se Kabupaten Tapanuli Tengah. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *