Satu Orang Warga Sibolga Meninggal Dunia Terkonfirmasi Covid-19

oleh -1.525 views
Pemakaman pasien yang terkonfirmasi positif covid-19

SIBOLGA NEWS – JAM 17.00 WIB

Kepala Dinas kesehatan kota Sibolga, Firmansyah Hulu menerangkan satu orang pasien yang terkonfirmasi covid-19 dilaporkan meninggal dunia di daerah kota Sibolga.

Adapun Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia, pada Senin kemarin bernama FS (18) warga Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli tengah.

“Betul, kita telah menerima laporan, bahwasanya korban covid-19 bertambah satu orang lagi, dan ini merupakan pasien ke-15 yang terkonfirmasi covid-19, dan pasien dinyatakan sudah meninggal dunia,” ungkap Firmansyah. Selasa (12/1/2021).

Dari keterangannya, pasien yang sudah meninggal tersebut sudah dimakamkan di Jalan Sudirman, Kelurahan Hutabarangan, Kecamatan Sibolga utara, Kota Sibolga atau dekat perbatasan Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan.

“Pasien tersebut sudah dimakamkan di perbukitan Aek Parombunan sesuai dengan aturan Protokol kesehatan,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Dinas Kesehatan, bahwasanya Ayah Kandung dari Pasien (PS) mengatakan, sebelumnya Almarhum mengeluhkan sakit di bagian dada. Selanjutnya pihak keluarga berinisiatif untuk membawa pasien ke RS Metta Medika.

Baca Juga :  STIE Al-Washliyah Wisuda 243 Sarjana Angkatan XVIII Tahun 2021

“Ini adalah pasien dari Rumah Sakit Metta Medika, di rumah sakit pasien di rawat dan dilakukan pengambilan sampel Nasofaring dan Oroparing guna dilakukan pemeriksaan Swab,” ujarnya.

Usai dilakukan pemeriksaan Swab, hasilnya pun di kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara untuk di uji laboratorium oleh pihak rumah sakit, Kemudian dilaksanakan Swab dengan hasil positif covid-19 berdasarkan surat yang dikeluarkan RS Meta Medika tanggal 10 Januari 2021. Namun, Pada jam 21.48 Wib almarhum dinyatakan meninggal dunia.

Dalam upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 yang bersumber dari pasien, pihak Dinas Kesehatan telah Melakukan Tracing di RS Metta Medika untuk mengetahui tenaga kesehatan yg sudah melakulan kontak dengan Pasien.

Selanjutnya Pihak Rumah Sakit Metta Medika melakukan Pembungkusan terhadap Jenazah yang meninggal dunia akibat Terkonfirmasi Covid-19 dan setelah itu peti di bungkus dengan plastik sesuai dengan prokes covid-19.

Baca Juga :  Benda Diduga Dari Langit, Timpa Rumah Warga di Kolang

“Pihak Dinas Kesehatan Kota Sibolga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah, guna Melakukan Tracing di Lingkungan tempat tinggal Pasien Meninggal yang terkonfirmasi Covid -19,” tandasnya.

Ditegaskannya kembali, bahwa pihaknya telah melakukan Kordinasi dengan Camat, kepling, dan pihak kepolisian Babhinkamtibmas dan Bhabinsa untuk melakukan monitoring, pemantauan dan pengawasan di lingkungan tempat tinggal Pasien serta menghimbau masyarakat di sekitar agar dapat menerima keadaan yg terjadi dan menghindari sikap kontra produktif.

Kemudian Pada jam 13.40 Wib, Pemakaman pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, sudah dilaksanakan dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Selanjutnya dilakukan penyemprotan desinfektan kembali kepada petugas pemakaman dan kepada pihak-pihak yang berdekatan di lokasi pemakaman. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *