Dimusim Kemarau, PDAM Sibolga Himbau Warga Untuk Toleransi Gunakan Air

Daerah, Sibolga365 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 11.00 WIB

Akibat musim kemarau, warga Sibolga terancam krisis air bersih lantaran volume air baku yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kian menyusut.

Hal tersebut langsung disampaikan, Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Nauli Sibolg, Suganda mengatakan agar konsumen bertoleransi dalam menggunakan air saat musim kemarau.

“Kami (PDAM Sibolga) berharap warga dapat memaklumi kondisi ini. Namun, perusahaan tidak akan tinggal diam. Segala upaya akan tetap dilakukan, seoptimal mungkin pelayanan tetap kami berikan kepada pelanggan,” ujarnya.

Ia mengatakan, volume air di sejumlah titik sumber air baku PDAM Sibolga mengalami penyusutan hingga 70 persen dari 310 liter per detik. Kondisi ini memungkinkan PDAM Sibolga melakukan penggiliran suplai air kepada pelanggan, bila kemarau tidak segera berkahir.

“Jika kebijakan ini berlaku, kata Suganda, pelanggan diimbau tidak memotong pipa persil (pipa sambungan dalam rumah) dengan tujuan memudahkan memperoleh suplai air,” katanya.

Dikarenakan, cara tersebut dapat mengurangi tekanan air pada jaringan pipa pelanggan.

“Biasanya dipotong pipa yang di parit. Bukannya memperlancar air, justru malah memperlambat aliran air yang terkoneksi ke seluruh jaringan pelanggan di Sibolga,” ucapnya

Selain itu, menghisap air menggunakan mesin pompa melalui pipa saluran juga dapat memicu suplai air tidak merata.

“Karena, nanti tetangga dan pelanggan lain pasti gak kebagian,” pungkasnya. (riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *