Ka UPT Parkir Sibolga, Jukir Diberi Pelatihan & Pembekalan

Sibolga459 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 16.00 WIB

Pemerintahan Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Perhubungan kota Sibolga menggelar pelatihan dan pembekalan terhadap juru parkir (jukir). Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perparkiran dan pembekalan bagi petugas parkir, yang dilaksanakan yang di Lapangan Simaremare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Kamis (30/8)

Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT)  Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Sibolga Saifan Simanjuntak, S.Sos saat dikonfirmasi Tapanuli News 24 Jam mengatakan maksud dan tujuan ini dilakukan, agar para juru parkir (jukir) memiliki keterampilan dan terlatih dalam pelaksanaan pemungutan retribusi di lapangan.

Selain itu, dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan memuaskan bagi pengguna kendaraan yang menggunakan jasa parkir.

“Dalam pelaksanaan pelatihan dan pembekalan ini dihadiri sebanyak 35 orang juru parkir lapangan dan juga mitra kerja Dishub pengelola parkir di Kota Sibolga. Pembekalan ini juga meliputi tentang penyelenggaraan parkir yang baik dan tertata dengan tertib, baik dalam sistem pemungutan retribusi maupun kelengkapan pendukung juru parkir di lapangan,” ucapnya

Lanjutnya, kita akan melakukan upaya terbaik secara maksimal, dalam membenahi perparkiran. Agar lebih baik lagi, nah untuk itu hari ini kita dari Dinas Perhubungan dan dibantu juga dari mitra kerja kita dari pihak Satlantas Polres kota Sibolga yakni Aiptu Sutan Siregar yang juga ikut memberikan materi pelatihan terhadap jukir tentang bagaimana tata cara melayani masyarakat dalam hal 12 tata cara memarkirkan kenderaan yang baik, tata cara bersikap ramah terhadap pemilik kenderaan, dan juga pelaksanaan pembinaan serta pengendalian pelayanan jukir dalam hal menjaga kedisiplinan jukir seperti.

“Berdisiplin dalam hal keseragaman menggunakan tanda pengenal atribut petugas seperti surat perintah tugas resmi dari Dinas perhubungan, id card, rompi, pluit dan juga penggunaan karcis yang selama ini telah kita bekali sesuai peraturan daerah 05 tahun 2015,” jelasnya

Sambungnya, setiap pengendara pasti ingin nyaman saat memarkirkan kendaraannya. Karena itu dituntut ketrampilan para juru parkirnya saat bekerja di lapangan, setelah ini saya harapkan adanya penataan lebih bagus lagi dalam sistem perparkiran ini agar tujuannya para juru parkir lebih memahami tupoksinya dalam hal pengaturan parkir lebih rapi, aman dan tidak mengakibatkan kesembrautan.

“Kita juga memberikan arahan dan bimbingan dalam konsep perubahan, hal itu guna mengantisipasi kesembrautan jalan. Bagaimana sistem parkir yang baik akan membuat pengguna kenderaan bisa merasa nyaman, tanpa menimbulkan miss komunikasi antara petugas parkir dengan pengguna parkir,” katanya

Tambahnya, kegiatan pelatihan ini salah satu tujuan kita guna mewujudkan serta menjalin komunikasi yang baik terhadap pengendara tanpa ada masalah yakni, sebagai upaya membenahi sistem manajemen perparkiran yang baik dan terarah.

“Dengan sejumlah upaya yang dilakukan secara maksimal, Insya Allah Sistem perparkiran di kota Sibolga khususnya akan menjadi lebih baik lagi dan terarah. Dengan semakin baik dan tertata rapinya perparkiran, diharapkan juga akan meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya. (nt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *