3.463 Perserta Ujian CPNS, 72 Orang Yang Lolos SKD

Sibolga335 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 09.00 WIB

Pelaksanaan ujian seleksi kemampuan dasar (SKD) CPNS di kota Sibolga telah berakhir, Minggu, 18 November 2018. Dari 3.463 peserta ujian, hanya 72 orang atau 2,08% yang mencapai nilai minimal (passing grade) dan berhak lolos mengikuti seleksi kemampuan bidang (SKB). Selasa (20/11)

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Sibolga, Amarullah Gultom menyampaikan peserta yang lulus SKD akan mengikuti SKB pada 23 November 2018. Kemungkinan, tidak semua peserta yang lolos SKD ini akan mengikuti SKB, Harus dilihat berdasarkan jumlah kelolosan peserta dalam satu formasi.

“Contoh, satu formasi dibutuhkan 2 orang, tetapi peserta yang lolos SKD 10 orang, maka harus dirangking 1- 6, atau formasi dikali 3. Jika satu formasi butuh 4 orang, tetapi peserta yang lolos SKD cuma 3 orang, maka mereka tidak perlu ikut ujian SKB,” katanya.

Sambungya, peserta yang lolos SKD sangat kecil, hanya 2,08% dari total 3.463 peserta. Angka ini tercatat cukup merata di seluruh Indonesia, khususnya Sumatra Utara yang berada di 2% – 3%.

“Bahkan ada daerah yang tingkat kelulusannya tidak sampai 1%. Sepanjang belum ada perubahan kebijakan untuk menurunkan passing grade, maka yang lulus hanya itu saja,” ucapnya.

Tambahnya, Terkait hal ini, pihaknya akan melayangkan surat ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, agar mengeluarkan kebijakan, semisal memberi kewenangan kepada daerah.

Mengacu hasil testimoni dari beberapa peserta ujian yang (BKD Sibolga) wawancarai, tingkat kesulitan soal ujian tahun ini lebih tinggi dibanding ujian CPNS pada 2014.

“Waktu ujiannya juga sangat singkat, hanya 90 menit untuk 100 soal. Peserta beralasan, waktu 50 detik untuk menjawab satu soal dirasa tidak cukup,” terangnya.

Sementara itu, Lambok M Hutagalung salah satu peserta yang tidak lolos SKD juga mengakui ujian CPNS tahun ini lebih sulit dibanding sebelumnya. Passing gradenya juga lebih tinggi.

“Untuk mengikuti seleksi lanjutan, peserta harus melampaui nilai passing grade, yakni TKP (143), TIU (80) dan TWK (75). Jumlah soalnya 100, terdiri dari 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK,” ungkapnya

Diketahui, tahun ini Pemko Sibolga membutuhkan 273 CPNS terdiri dari, 150 tenaga guru, 63 tenaga kesehatan dan 60 tenaga teknis. (nt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *