Kemah Hari Bumi, Komantab Gagas Belasan Poin Soal Penyelamatan Lingkungan

Daerah, Sibolga431 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 10.00 WIB

Kemah Hari Bumi sebagai peringatan Hari Bumi yang dihelat Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) menelurkan belasan poin gagasan aksi penyelamatan lingkungan.

Gagasan tersebut tercetus dalam diskusi grup yang digelar di pulau Poncan dimana Kemah Hari Bumi dilaksanakan, Sabtu (27/4) malam.

“Beberapa gagasan menyimpulkan konklusi kerusakan lingkungan yang semakin parah di pantai barat Sumut, terutama di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata ketua panitia Kemah Hari Bumi, Harry Fauzan kepada wartawan.

Dikatakan Fauzan, diskusi grup yang dilaksanakan menjadi satu item penting dalam pelaksanaan Kemah Hari Bumi yang dilaksanakan Komantab pada peringatan Hari Bumi tahun ini.

“Diskusi soal lingkungan dengan menyertakan lintas komunitas dan profesi memang sesuatu yang harus dilakukan, diskusi akan mengungkap berbagai persoalan maupun testimoni dari berbagai peserta tentang masalah-masalah lingkungan,” katanya.

Kordinator Komantab, Maecenas Doni menambahkan, belasan poin gagasan tersebut diantaranya, kampanye stop pembuangan sampah yang harus dilakukan secara konsisten.

Berlanjut, gagasan mendorong lintas pihak baik pemerintah daerah, masyarakat termasuk perusahaan dan usaha perorangan agar berkomitmen mengelola dan memanajemen sampah dan limbah.

“Ada juga poin agar mengkampanyekan penghentian pengerukan perbukitan di Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, gagasan perda lingkungan, bahkan ada juga yang mengusulkan gagasan observasi ke masyarakat untuk mengetahui mengapa masih membuang sampah sembarangan,” kata Doni. (st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *