575 Anggota DPR RI Resmi Dilantik

oleh -47 views
Anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik dalam rangkaian sidang paripurna di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2019.

Jakarta News- Anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik dalam rangkaian sidang paripurna di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2019.

Presiden Joko Widodo beserta Wakil Presiden Jusuf  Kalla turut hadir langsung menyaksikan pelantikan 575 anggota DPR terpilih, 36 anggota DPD, dan 711 anggota MPR yang merupakan bagian dari anggota DPR dan DPD.

Menariknya, dalam proses pelantikan ini perhatian publik tertuju kepada siapa sosok yang bakal mengisi jajaran pimpinan DPR?

Berdasarkan Undang-Undang Undang-Undang (UU) MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), jatah pimpinan DPR sebanyak lima kursi akan diberikan kepada lima partai dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilihan Umum ( Pemilu) 2019.

Perolehan suara terbanyak Pemilu 2019 diketahui diraih lima partai secara berurutan; PDI Perjuangan (PDIP), Golkar, Gerindra, Nasdem dan PKB. PDIP yang meraih suara terbanyak menerima kursi Ketua DPR, sedangkan empat partai lain masing-masing mendapatkan satu kursi Ketua DPR.

PDIP telah meluncurkan nama sebagai calon Ketua DPR periode 2019-2024, yaitu putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari memastikannya setelah pelantikan DPR di Gedung DPR Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2019.

Alasan Eva serupa seperti yang diterangkan Sekjen PDIP  Hasto Kristiyanto ketika ditanya awak media kenapa nama Puan bertengger menjadi calon Ketua DPR yang diajukan partainya.

“Betul. Senioritas, dia kan pada saat di eksekutif pada posisi yang tidak sekadar menteri, dia Menko kan,” ujar Puan.

Di urutan kedua peraih suara terbanyak Pemilu 2019, Golkar yang berhak atas satu kursi Wakil Ketua DPR digadang-gadang akan menyodorkan nama Ketua Komisi III Azis Syamsuddin untuk mengisi posisi tersebut.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut Azis menjadi calon terkuat kursi pimpinan DPR dari partainya.

“Kemarin kita sudah melakukan rapat internal atau rapat korbid terbatas. Beberapa nama sudah muncul misalnya untuk pimpinan Fraksi ada nama pak Aziz Syamsuddin,” ucap Ace di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

Sedangkan Gerindra kemungkinan besar akan menggeser Fadli Zon dari kursi Wakil Ketua DPR dengan nama Sufmi Dasco Ahmad. Regenerasi internal partai menjadi alasan utama Gerindra merotasi pimpinan DPR.

Dari pihak Nasdem resmi menunjuk nama Rachmat Gobel menempati kursi Wakil Ketua DPR. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menegaskannya satu hari jelang pelantikan anggota dewan periode 2019-2024.

“Kalau Nasdem sudah menunjuk pimpinan DPR RI dalam hal ini Wakil Ketua DPR RI adalah bapak Rachmat Gobel ya,” kata Johnny di Gedung DPR Jakarta pada Senin 30 September 2019.

Terakhir PKB, partai yang diketuai Muhaimin Iskandar itu masih belum mau memunculkan siapa nama yang akan duduk di Wakil Ketua DPR. Tagar yang mengonfirmasi lewat telepon dan WhatsApp terkait nama pimpinan DPR dari PKB masih belum mendapat tanggapan. (int)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *