Momentum Harkitnas 2024, Pinca BRI Sibolga: Tetap Tingkatkan Jiwa Nasionalisme

Sibolga371 Dilihat

SIBOLGA NEWS: PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sibolga menggelar upacara hari kebangkitan nasional yang ke 116 Tahun yang bertempat di halaman Kantor BRI, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan, Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Senin (20/5/2024).

Pimpinan Cabang BRI Sibolga, Bagus Prabu Danianto saat memimpin upacara Harkitnas 2024

Dalam momen upacara Hari Kebangkitan Nasional itu, Pimpinan Cabang BRI Sibolga, Bagus Prabu Danianto membacakan langsung sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Budi Arief Setiadi menyampaikan bahwa lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional dirayakan hari ini.

“Organisasi Boedi Oetomo bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia yang berkumpul mendirikan suatu organisasi modern. Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggapnya sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda,” ujarnya.

Ia menyebutkan hal menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priyayi atau bukan.

Pimpinan Cabang BRI Sibolga, Bagus Prabu Danianto saat memimpin upacara Harkitnas 2024

Apa yang telah dirintis Boedi Otomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Nasionalisme Jawa khas Boedi Oetomo diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda.

“Pendidikan yang hanya ditujukan pada priyayi Jawa diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Bumiputera. Perjuangan memajukan kebudayaan Jawa diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda. Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan,” katanya.

Hari ini, Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, yakni melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

Karyawan Bank BRI Cabang Sibolga saat mengikuti upacara harkitnas 2024

“Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusione,” jelasnya.

Kemudian kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas.

Bagus menambahkan, tujuan peringatan 116 tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2024 yakni untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita.

Karyawan Bank BRI Cabang Sibolga saat mengikuti upacara harkitnas 2024

“Sebagai landasan dasar, dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilal-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Bagus mengatakan guna lebih mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Adapun, tema Peringatan 116 tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2024 adalah ‘Bangkit Untuk Indonesia Emas’ saya berharap, kepada seluruh karyawan BRI mari terus tingkatkan jiwa nasionalisme, semangat, dan lebih meningkatkan kinerja dengan baik,” jelasnya. (izki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *