Lima Penyakit Gatal – Gatal Yang Merupakan Penyakit Serius

Jakarta News – Rasa gatal merupakan sesuatu yang normal. Namun jika rasa gatal tersebut berlangsung cukup lama, terkadang itu bisa juga merupakan pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Dengan kata lain, bahkan rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga kecil pun bisa menyebabkan masalah yang serius. Meskipun memang tidak semua gatal-gatal yang Anda alami merupakan pertanda penyakit yang serius.

Yang paling penting adalah usahakan untuk tidak mengabaikan gatal-gatal yang Anda alami. Dan berikut ini adalah tanda-tanda bahwa gatal yang Anda alami merupakan gejala kesehatan yang lebih serius dari yang Anda kira.

1. Rasa gatal di satu titik
Gatal bisa merupakan hasil dari sejumlah kondisi, baik itu karena kondisi biologis atau non-biologis. Menurut Bobby Buka, seorang dokter kulit, jika Anda mengalami rasa gatal di satu titik atau area-area tertentu pada tubuh bisa jadi itu disebabkan karena infeksi oleh bakteri atau jamur.

  1. Gatal pada bawah punggung, lengan, atau kaki
    Menurut dokter kulit Anna Guanche, “Penyakit hati, paling umumPrimary Biliary Cirrhosis (PBC), menyebabkan empedu di dalam tubuh tidak diproses secara normal. Peningkatan kadar empedu dalam tubuh menyebabkan gatal di mana-mana.”

    Dr. Guanche juga mengatakan bahwa gatal bisa sangat intens dan tidak nyaman, tetapi gatal tidak mengindikasikan seberapa parah penyakit hati atau liver.

    3. Gatal pada mata
    Mata yang terasa gatal, jika tidak ditangani dapat menyebabkan infeksi kronis dan iritasi, kata Ming Wang, MD, PhD, dari Wang Vision 3D Cataract & LASIK Center kepada Bustle. “Kebiasaan buruk seperti menggosok mata dapat menyebabkan masalah kornea yang seperti goresan atau abrasi jika mata digosok terlalu keras,” kata Dr Wang.

    Jika tidak diobati, masalah ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah penglihatan, yang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

    4. Gatal pada tangan dan kaki
    Menurut Dr Guanche, gatal dapat disebabkan oleh defisiensi B12, yang paling sering dikaitkan dengan suatu kondisi yang disebut anemia pernisiosa.Mereka yang menderita anemia pernisiosa sering mengalami rasa gatal seperti pada umumnya tetapi lebih sering terkena pada area ujung syaraf, seperti tangan dan kaki.

    5. Gatal pada telapak tangan dan telapak kaki
    Dr Francesco Maria Serino, Ketua Asosiasi Doctors in Italy mengatakan, “Penyebab umum lain dari gatal disebut ‘pruritus kolestatik,’ dan memengaruhi mereka yang memiliki penyakit hati karena gangguan sekresi empedu.” Jika Anda merasa ada yang berbeda pada gatal-gatal yang Anda alami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi. (int)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *