Bupati Tapteng Buka Sosialisasi P2KTD

Tapanuli Tengah698 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 10.00 WIB

Bupati Tapanuli Tengah menggelar dan juga secara resmi membuka sosialisasi Pelaksana Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) Kabupaten Tapanuli Tengah, di Ball Room Hotel Pia Pandan. Jumat (05/10)

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi P2KTD dalam program inovasi desa, ini yang dapat mewujudkan kegiatan pembangunan desa inovatif dan lebih berkualitas.

“Selain itu, juga dapat membantu Pemerintah Desa di Kabupaten Tapteng dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan desa sekaligus membuka secara resmi sosialisasi penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Data (P2KTD) dukung Program Inovasi Desa (PID) dan rapat Tim Inovasi kabupaten (TIK),” ucapnya

Lanjutnya, dengan adanya TIK dan peran  serta TPID, yang berbasis di kecamatan, maka akan dapat lebih terkonsolidasi dalam mempercepat pelaksanaan PID di Tahun 2018 ini.

“PID yang dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa tersebut dapat memberikan out come kepada desa dan diorentasikan untuk memenuhi pencapaian target RPJM Kemendesa PDTT dan merupakan program prioritas Menteri Desa PDTT,” jelasnya

Sambungnya, kegiatan ini merupakan salah satu PID, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa dalam penyelenggaraan pembangunan dalam perspektif desa membangun yang masih terbatas.

“Memang untuk mengurus desa, inovasi dan kreasi menjadi sangat penting disamping kewajiban mengelola dana desa sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya

Tambahnya, kegiatan sosialisasi ini menjelaskan pentingnya P2KTD dalam pelaksanaan UU Desa, serta mempersiapkan profil P2KTD dalam mendukung PID, simulasi bursa inovasi desa, serta pengendalian dan konsolidasi Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) di setiap TPID.

“Dan kita berharap dapat merumuskan langkah – langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan program inovasi desa,” pungkasnya. (ts)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *