TPT Roboh Harus Segera Diperbaikki

oleh -60 views
TPT disepanjang DAS di Lingkungan I, Kelurahan Aek Tolang Induk, Kecamatan Tukka, Tapteng roboh dihantam banjir

TAPTENG NEWS – JAM 9.00 WIB

Belum sampai satu tahun dibangun,  Tembok Penahan Tanah (TPT) disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) di Lingkungan I Kelurahan Aek Tolang Induk, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), roboh dihantam banjir. Sejumlah riol cor penahan air ambruk mengancam jembatan gantung yang ada didekat TPT.

“Kalau tidak diperbaiki pasti akan merembet ke coran rambing tersebut. Bisa bahaya jadinya. Apalagi jika debit air sungai meningkat, bisa tambah fatal,” kata Dahlan Panggabean, warga sekitar, Selasa (10/9).

Ambruknya tembok penahan tanah juga terlihat di bawah jembatan gantung. Padahal jembatan tersebut merupakan akses satu – satunya menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU).

“Rambing itu akses menuju ke pekuburan umum. Kemarin pernah di perbaiki, namun tidak kokoh dibuat. Tidak tau juga ya namanya alam, apalagi luapan air sungai juga sering deras,” tukasnya.

Dahlan berharap, pemerintah secepatnya memperbaiki bangunan tersebut. Kalau dibiarkan, akibatnya kedepan akan sangat membahayakan, termasuk tergerusnya tanah disepanjang pinggiran sungai. “Pemukiman warga juga akan terancam tergerus,” pungkasnya. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *