Hadirkan Tim Surveyor KAFKTP, Dinkes Gelar Survei Akreditasi di 4 Puskesmas

TAPTENG NEWS – JAM 10.00 WIB

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Kesehatan melakukan survei akreditasi puskesmas.

Survei akreditasi ini menghadirkan Tim Surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan dilaksanakan di 4 puskesmas, meliputi Puskesmas Saragih dan Puskesmas Manduamas di Kecamatan Manduamas, Puskesmas Sirandorung di Kecamatan Sirandorung, dan Puskesmas Barus Utara di Kecamatan Barus Utara selama 3 hari, sejak tanggal 10 hingga 12 Oktober 2019. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Nursyam, S.K.M, M.Kes di Dinas Kesehatan Tapteng, Senin (14/10).

Kadis Kesehatan Tapteng Nursyam, S.K.M, M.Kes mengatakan tujuan akreditasi puskesmas ini untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas kepada masyarakat. Akreditasi ini sebagai bentuk pengakuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap puskesmas yang sudah memenuhi standar yang ditetapkan Kemenkes, baik dari sisi Administrasi Manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

“Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani menginstruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah agar dapat memfasilitasi akreditasi seluruh puskesmas yang ada di Tapanuli Tengah sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas kepada masyarakat semakin baik dan profesional. Selain itu, Pak Bupati berharap pelayanan kesehatan itu mencakup seluruh warga Tapteng dengan kualitas yang tentunya baik,” katanya

“Kita melaksanakan Survei Akreditasi pada empat puskesmas, yaitu Puskesmas Saragih, Manduamas, Sirandorung, dan Barus Utara. Pada tahun 2019 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah telah melakukan survei akreditasi terhadap 12 puskesmas sehingga total 23 puskesmas dilakukan survei akreditasi. Pada tahun 2020, diusulkan 2 puskesmas lagi untuk diakreditasi, yaitu Puskesmas Sijungkang dan Puskesmas Kedai Tigo,” jelasnya.

“Semoga pada tahun 2020, puskesmas yang ada di Tapanuli Tengah sudah terakreditasi semuanya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Winda Darpianur, M.Kep., Ns, Sp. Kep.An mengatakan bahwa untuk mendampingi Tim Surveyor Akreditasi FKTP Kemenkes di 4 kecamatan itu, Kadis Kesehatan Tapteng Nursyam, S.K.M, M.Kes menugaskannya bersama Kepala Puskesmas Saragih Barakando Nasution, S.K.M di Puskesmas Saragih, Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Halimah N. Sormin, S.K.M bersama Kepala Puskesmas Manduamas drg. Fatti Miarni Yuda di Puskesmas Manduamas, Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Nasran Situmorang, S.K.M, bersama Kepala Puskesmas Sirandorung Hengki Habayahan, S.K.M di Puskesmas Sirandorung, dan Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Ernita Naibaho, S.Gizi bersama Kepala Puskesmas Barus Utara dr. Marwati di Puskesmas Barus Utara.

Winda Darpianur, M.Kep., Ns, Sp. Kep.An juga menjelaskan dukungan Dinas Kesehatan Tapteng telah dimulai sejak penggalangan komitmen internal dan eksternal puskesmas, kegiatan workshop audit dan manajemen mutu keselamatan pasien, proses pendampingan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saat pra survei, hingga kegiatan survei akreditasi di puskesmas oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes.

“Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes sebanyak 12 orang, 3 orang ke Puskesmas Saragih yaitu Ns. Sumidartianah, S.Kep, MM (Ketua Tim), dr. Fakhrulrizal, MPH, dan Risma Devi, S.ST, M.Si, Tim Surveyor ke Puskesmas Manduamas, yaitu H. Razali, S.Si.T, M.Kes (Ketua Tim), dr. Nita Yulinda, dan Satrinawati, S.Si.T, M.Kes, Ph.D. Tim Surveyor ke Puskesmas Sirandorung, yaitu dr. Zunirman (Ketua Tim), dr. Yuanita Ananda, MKM, dan Uus Sukmara, S.K.M, M.epid. Kemudian, Tim Surveyor di Puskesmas Barus Utara, yaitu Yuliani, S.K.M (Ketua), dr. Hartati Rivai, M.Kes, dan Erni Yeti, S.K.M,” ujarnya.

Winda Darpianur menyebutkan pesan Kadis Kesehatan Tapteng agar Puskesmas benar-benar memiliki komitmen yang tinggi bersama-sama mewujudkan akreditasi dan melayani masyarakat sepenuh hati. Ia juga berharap penilaian Akreditasi Puskesmas ini mendapatkan hasil yang terbaik.

Pada kesempatan itu, Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes mengapresiasi komitmen Bupati Tapteng dalam meningkatkan mutu pelayanan puskesmas hingga ke wilayah titik terluar, yaitu Puskesmas Saragih dan Manduamas, yang jarak tempuh melalui darat sekitar 3 jam lebih dari Pandan, ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selama 3 hari pelaksanaan survei akreditasi ini, lintas sektor di masing-masing puskesmas juga memberikan kontribusi dalam mendukung pelaksanaannya, yaitu Camat Manduamas Marihot Simbolon, S.Sos di Puskesmas Saragih, Sekcam Manduamas Sahala Sihotang, SH, M.AP di Puskesmas Manduamas, Plt. Camat Sirandorung Tunggul Silalahi, Ama.Pd di Puskesmas Sirandorung, dan Plt. Camat Barus Utara Rindu Situmorang, A.Ma di Puskesmas Barus Utara, serta Forkopimka di 3 wilayah kecamatan tersebut. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *