Dampak Corona, Kades Sukamaju Salurkan BLT Dana Desa Untuk Warganya

oleh -187 views
Kades Sukamaju Bimhot Saruksuk Saat Menyerahkan BLT Dana Desa Kepada Warga

TAPTENG NEWS – JAM 09.00 WIB

Sebanyak 52 kepala keluarga (KK) warga Desa Sukamaju, Kecamatan Pasaribu Tobing, Tapteng menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dialokasikan dari dana desa untuk tahap pertama masing – masing sebesar Rp 600.000.

Kepala desa Sukamaju Bimhot Saruksuk mengatakan pencairan BLT dana desa ini dilaksanakan sesuai instruksi Menteri Desa PDTT No 1 Tahun 2020 tentang percepatan pencairan BLT dana desa.

“Dilaksanakan sesuai instruksi Menteri Desa PDTT yaitu harus selesai dibagikan sebelum Hari Raya Idul Fitri, guna meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu termasuk yang terdampak Covid-19,” ucap Bimhot, Jum’at (22/05)

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Di Sibolga, Walikota Undang Perwakilan Akademi USU

Pembagian BLT dana desa yang dihadiri oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas itu dilaksanakan sesuai protokol Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker sebagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD) guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Pada saat pencairan kita harus mengikuti himbauan pemerintah dan harus dilaksanakan sesuai protokol Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker,” kata Bimhot

Penerima BLT dana desa didata oleh relawan desa,selanjutnya hasil pendataan tersebut dimusyawarahkan didesa agar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih,kemudian dalam musyawarah itu diputuskan jumlah penerima bantuan tersebut dengan kriteria sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah yakni keluarga yang selama ini tidak mendapat bantuan apapun dari program yang dijalankan oleh pemerintah pusat seperti PKH dan Program Sembako dari Kementerian Sosial,kemudian warga kurang mampu yang kehilangan pekerjaan akibat dampak Covid-19 serta warga yang rentan dengan penyakit kronis.

Baca Juga :  Dua Anak Dikabarkan Hilang Di Perbukitan Desa Toga Basir

“Pada pencairan tahap pertama BLT itu diberikan kepada warga sesuai kriteria yang ditentukan oleh pemerintah,namun pada pencairan tahap kedua nantinya jumlah penerima bantuan tersebut akan direvisi karena ada penambahan,” tegas Binhot.

Pemerintah sangat serius menangani penyebaran Covid-19 dan bagi warga kurang mampu yang terdampak Covid-19 diberikan berbagai bantuan seperti sembako dari pemerintah Tapteng kemudian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial serta BLT dari dana desa. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *