Warga Sekitar Diminta Isolasi Mandiri 2 Warga Tapteng Hasil Swab Positif Covid-19

oleh -260 views
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani

TAPTENG NEWS – JAM 12.00 WIB

Dua warga Kabupaten Tapanuli Tengah hasil Swab TCM positif Covid-19 akhirnya di isolasi di Kelurahan Sihaporas Nauli, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Virus corona yang menakutkan itupun menjadikan 605 jiwa yang terbagi dalam 135 Kepala Rumah Tangga ikut menjalani isolasi mandiri guna memutus mata rantai virus corona.

Di Kelurahan Sihaporas Nauli terbagi dalam 4 Lingkungan, namun hanya 3 lingkungan yang rawan makanya yang 3 lingkungan saja yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Keadaan ini dibenarkan oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani yang telah meninjau langsung ke posko yang menjadi akses masuk ke Kelurahan Sipansihaporas.

Baca Juga :  Di Kecamatan Manduamas Dinas PMD Monitoring DD 2019

“Rabu tanggal 23 Juni 2020, saya dihubungi oleh Bupati Tapanuli Utara, menyampaikan adanya dua warga Tapanuli Tengah yang merupakan pasangan suami istri positif Covid-19 hasil Swab di RSUD Tarutung,” kata Bupati Bakhtiar Kamis (25/06) Jam 21.00 WIB.

“Suratnya juga sudah kami terima. Kemarin malam, kami sudah putuskan untuk mengisolasi tiga lingkungan dari empat lingkungan yang ada di Kelurahan ini,” katanya

Dijelaskan Bupati Bakhtiar Sibarani, isolasi tiga lingkungan ini dengan cara menutup tiga akses masuk ke tiga lingkungan di Kelurahan Sihaporas Nauli.

“Caranya jaga pintu masuk ke tiga lingkungan tersebut. Total ada 605 jiwa dari 135 Kepala Keluarga yang di isolasi. Pemkab Tapteng melalui Dinas Sosial akan menyuplai makanan tiga kali sehari selama masa isolasi 14 hari ke depan,” terang Bupati.

Baca Juga :  Pasien PDP dari Tapteng Akhirnya Dirujuk ke RS Pirngadi Medan

Bakhtiar mengaku tidak mengangkangi hak-hak azasi dari warga yang terisolasi. Tetapi tindakan ini harus kami lakukan demi keselamatan seluruh masyarakat Tapanuli Tengah dan juga demi kesehatan dari warga yang saat ini diisolasi.

“16 warga telah kami karantina di Akper Prodi Tapanuli Tengah karena hasil tracing pernah melakukan kontak langsung dengan ke dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Besok akan kita lakukan rapid test terhadap ke 16 warga. Dan apabila ada gejala terindikasi Covid-19, kami akan melakukan Test Swab,” terang Bupati Tapanuli Tengah. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *