oleh

Pemko Sibolga Raih Penghargaan APE

SIBOLGA NEWS – JAM 09.00 WIB

Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, kembali berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, setelah menerima penghargaan yang sama pada 2019 lalu. Penyerahan penghargaan diselenggarakan secara daring, pada Rabu (13/10/21).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi Pengarusutamaan Gender.

Baca Juga :  Ini Penampakan GMC di Pantai Indah Pandan

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutannya menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi terhadap kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota yang dinilai berhasil dalam mendukung terwujudnya kesetaraan gender secara sistematis dan berkelanjutan, perlu diberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya,” ucap nya.

Adapun beberapa pertimbangan KemenPPPA RI dalam memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya di antaranya bahwa urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional yang pelaksanaannya menjadi komitmen bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca Juga :  Sekda Sholat Idul Adha di Musholah AL - Akbar

Dikutip dari konsiderans Keputusan Menteri PPPA Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 tersebut, dijelaskan bahwa salah satu tujuan pelaksanaan urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yaitu untuk mewujudkan kesetaraan gender dengan cara menerapkan strategi pengarusutamaan gender di tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hadir mengikuti penyerahan Penghargaan APE secara daring dari Aula Nusantara I Kantor Wi Kota Sibolga, Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM, didampingi para Asisten dan Staf Ahli, beberapa Pimpinan OPD, Ketua DPD LPM Djafanawar Tanjung, SH, serta unsur TP. PKK dan Dharma Wanita Kota Sibolga. (ded)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed