DPD BKPRM Tapteng Laksanakan Pelatihan Fardhu Kifayah Mayit Se Zona II

TAPTENG NEWS – JAM 11.00 WIB

Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( DPD BKPRMI) Kabupaten Tapanuli Tengah Melaksanakan Pelatihan Fardhu Kifayah Bilal Mayit se Zona II di MTs N 2 Kelurahan Pinangsori, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah. Minggu (17/07/2022).

Kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah Bilal Mayit ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPD BKPRMI Tapteng se Zona I Minggu 3 Juli 2022 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pandan, dengan peserta sebanyak 50 Orang dari 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Pandan, Sarudik, Tukka, Tapian Nauli, dan Kolang.

Selanjutnya kegiatan Pelatihan Bilal Mayit dilaksanakan di zona II yaitu Kecamatan Badiri, Pinangsori, Lumut dan Pinangsori. Yang mana tuan rumahnya Kecamatan Pinangsori. Peserta yang hadir sebanyak 60 Orang.

Dalam sambutannya Ketua Panitia yang diwakili oleh Muhammad Saptono menyampaikan laporan panitia dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, donatur, peserta, undangan, dan seluruh Dewan Pengurus Kecamatan BKPRMI.

“Terlaksananya acara ini semoga dapat bermanfaat untuk diamalkan bagi diri sendiri dan masyarakat di tempat tinggal masing masing,” katanya

Ketua DPD BKPRMI Tapteng Erman Sakti Hutabarat, SE dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pelaksanaan Fardhu Kifayah ini merupakan program rutin DPD BKPRMI Tapteng yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Pada tahun ini kita buat per zona, sehingga kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah ini bisa terarah dan langsung menyentuh kepada kader BKPRMI se Tapanuli Tengah. Dasar kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah Bilal Mayit ini kami ambil dari Surat Annisa Ayat 9 yang Artinya : Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar,” jelasnya.

Lanjut Erman, kita harus yakin bahwa setiap kegiatan yang kita laksanakan pasti akan banyak yang membantunya. Karena kita sadar bahwa tidak ada uang kita untuk membesarkan BKPRMI Tapteng, akan tetapi kita yakini Firman Allah Surat Muhammad Ayat 7 yang artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

“Kita harus yakin bahwa Allah maha kaya dan maha pengasih sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik. Terbukti bahwa semua kegiatan BKPRMI Tapanuli Tengah Allah mudahkan sehingga terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah MTs N 2 Pinangsori Drs H. Alfan Surya Hutagalung, MM menyampaikan, saya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan BKPRMI Tapteng. Karena saya melihat program yang dilakukan oleh BKPRMI Tapteng ini sangat besar manfaatnya.

“Kepada Pengurus BKPRMI Tapanuli Tengah tetap semangat dalam menjalankan dakwahnya, jangan cemas sama yang tidak ada, artinya jangan pernah kita khawatir kalau tidak ada dana kita dalam melaksanakan program BKPRMI. Seperti yang disampaikan Ketua DPD BKPRMI Tapteng tadi, bahwa pasti akan banyak datang pertolongan jika memang kegiatan yang dilaksanakan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya

Ditambahkan Alfan Surya, jika memang ada yang bisa kita diskusikan untuk pelaksanaan program BKPRMI Tapteng, saya siap untuk mendukung, termasuk juga jika program olah raga kita fasilitasi disini.

Sambutan Wakil Ketua DMI Tapteng H. Mahmud Efendi Lubis menyampaikan, kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh BKPRMI Tapteng, sehingga bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia kader Pemuda Remaja Islam. DMI Tapteng siap memfasilitasi program program BKPRMI Tapteng.

“Saya ketika mendengar lagu Mars BKPRMI itu bergetar hati saya, dalam hati saya bertanya sudah apa yang saya lakukan kepada agama dan bangsa ini. Sebagaimana firman Allah dalam Alqur’an yang artinya : sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah,” terangnya

Kepala kantor Urusan Agama kecamatan Pinang sori yg diwakilkan oleh Imran Syahputra Hutagalung selaku Peyuluh Agama Islam Kecamatan Pinangsori Menyampaikan Ucapan Terima kasih kepada Sdr Ketum DPD BKPRMI Tapanuli Tengah yg telah berupaya untuk membuat kegiatan Fardhu kifayah DPD BKPRMI Tapanuli Tengah dilaksanakan Di kecamatan Pinang sori.

“Sebagaimana Pemuda dan Remaja Masjid hari ini harus menjadi Bagian dari Membangun peradaban masjid.
Serta Mengatasi pelaksanaan Fardu kifayah yg terkadang kesulitan pihak keluarga Untuk melaksanakan.
Kami mendukung penuh BKPRMI Tapanuli Tengah untuk lahirkan dari kegiatan ini ,Bilal dan Rubiah BKPRMI Tapanuli Tengah ke depan,” jelasnya

Sambutan bapak Kepala Kantor Kementerian agama Tapanuli Tengah Bapak Julsukri Mangandar Limbong, kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah yang dikakukan DPD BKPRMI Tapteng sangat baik. Karena setiap yang bernyawa pasti akan mati, jadi tentu agar tidak bermasalah dalam melaksanakan Fardhu Kifayah maka ada ketentuan ketentuan yang harus dilaksanakan.

“Ada 5 fungsi dari masjid : Lembaga utama dunia islam, Tempat pusat kebudayaan islam , Tempat Pendidikan dan musyawarah, Tempat ibadah
Dan Tempat Pembinaan,” ungkapnya

Seraya membacakan bismillahirrohmanirrohim, bapak Kakan Kemenag Tapteng Membuka acara Pelatihan Fardhu Kifayah DPD BKPRMI Tapteng. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *