Jelang Idul Fitri, BI Sibolga Siapkan 1,5 Trilyun Untuk Penukaran Uang Baru

oleh -811 views
Jelang Idul Fitri, BI Sibolga Siapkan 1,5 Trilyun Untuk Penukaran Uang Baru

SIBOLGA NEWS – JAM 15.00 WIB

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga memproyeksi kebutuhan penukaran uang di 16 kabupaten/kota wilayah kerja KPw BI Sibolga pada bulan Ramadhan 1439 H sebesar Rp1,3 Trilyun.

Untuk memenuhi kebutuhan uang baru tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga menyediakan uang pecahan sebanyak Rp 1,5 trilyun.

“Kami berkomitmen menjamin ketersediaan uang rupiah, baik dalam pecahan uang baru menjelang lebaran ini. Proyeksi kebutuhan penukaran uang ini naik 10 persen dari tahun lalu,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Suti Masniari Nasution didampingi Deputi Kepala KPw BI Sibolga, Junaidy dan Asisten Analis Arif Wahyu dalam konferensi pers terkait layanan penukaran uang rupiah menjelang Idul Fitri di Aula Graha Nauli BI Sibolga, Rabu (30/5).

Suti Masniari Nasution mengatakan penukaran uang pecahan ini dilakukan melalui perbankan dan layanan kas keliling.

“Setiap warga diberikan maksimal jatah penukaran uang pecahan sebesar Rp 3,7 juta tiap sekali penukaran,” terangnya.

Suti Masniari mengatakan, masyarakat dapat menukarkan uang pecahan di kantor BI Sibolga, Bank Umum dan layanan kas keliling mulai 21 Mei hingga 7 Juni 2018, dengan jam layanan mulai jam 09.00 Wib sampai dengan jam 12.00 Wib.

Kata Suti, untuk melayani penukaran uang ini BI juga menjalin kerjasama dengan Perbarindo (PT BPR NB 03 Sibolga) mulai 28 Mei hingga 7 Juni 2018.

“Layanan penukaran uang ini tidak dilakukan pemungutan biaya atau gratis. Seluruh pecahan uang tersedia, baik uang logam maupun uang kertas hasil cetak sempurna (HCS), uang baru yang belum pernah dipergunakan,” ujar Suti Nasution.

Kepala BI Sibolga mengimbau, agar masyarakat melakukan penukaran di tempat yang resmi baik yang disediakan Bank Indonesia maupun perbankan supaya masyarakat dapat menukar uang dengan aman dan maksimal.

“Kita menghimbau kepada masyarakat, jangan menukar uang kepada yang tidak resmi. Karna yang resmi juga banyak. Menukar uang di Bank BI itu sangat mudah,” tandasnya.

Sementara Deputi Kepala KPw BI Sibolga, Junaidi menekankan agar pihak BPR baik BPR NBP Sibolga dan Penyabungan dan BPR Kota Nopan supaya ikut berpartisipasi melayani penukaran uang dalam rangka menjelang Idul Fitri 1439 H,” tungkasnya. (st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *