RSU FL Tobing Miliki Gedung Baru Hemodialisis

Sibolga578 Dilihat

SIBOLGA NEWS  – JAM 10.00 WIB

Rumah Sakit Umum FL Tobing Kota Sibolga kini telah dilengkapi gedung khusus Hemodialisis (cuci darah) untuk melayani pasien cuci darah. Fasilitas baru ini di launching pada Kamis (11/10/2018) pagi oleh Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk,  M.M. dengan ditandai pemotongan pita.

Kegiatan Launching ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, Prof.Harun Rasyid Sepervisor Hemodialisis, pimpinan PT.Tirta Medika Jaya Andreas Kuntjuro Mukri, para pimpinan OPD Kota Sibolga, para Forkopimda Kota Sibolga, Wakil Ketua TP.PKK.Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat, serta camat dan lurah se-Kota sibolga.

Dikatakan dr. Masrip Sarumpaet,Direktur RSU FL. Tobing Kota Sibolga, gedung tersebut memiliki 10 unit mesin hemodialisis.Semuanya dalam kondisi baru yang disediakan pihak ketiga, yakni PT Tirta Medika Jaya.Gedung baru hemodialisis baru ini merupakan kerja sama operasional RSU FL. Tobing Kota Sibolga dengan PT. Tirta Medika Jaya.

“Kiranya kerja sama saling menguntungkan ini akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan cuci darah,saat ini jumlah pasien hemodialisis yang berobat di RSU FL. Tobing Kota Sibolga tercatat 21 orang,” kata Direktur RSU FL. Tobing Kota Sibolga dr. Masrip Sarumpaet dalam sambutannya.

Menurut Prof DR Harun Lubis, ahli ginjal,bahwa penderita penyakit ginjal tidak perlu putus asa, karena masih ada cara untuk menolong melalui layanan hemodialisis.

Pada acara launching tersebut, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, M.M,  meminta PT. Tirta Medika Jaya menambah fasilitas mesin hemodialisis sebanyak 5 unit lagi.Dirinya meminta penambahan mesin cuci darah ini, karena penyakit gagal ginjal sudah menjadi penyakit umum sekarang ini. Dengan jumlah pasien setiap tahunnya meningkat.

“Dahulu, penyakit ginjal ini adalah penyakit orang kaya atau pejabat, namun sekarang, orang kampung pun sudah banyak yang menderita penyakit ini.“Itulah alasan saya meminta penambahan mesin cuci darah ini untuk menyelamatkan pasien,” katanya.

Mewakili PT. Tirta Medika Jaya,Andreas, menyanggupi permintaan Wali Kota tersebut.“Selagi jumlah pasien memenuhi pasti akan kita tambah,” jawab Andreas.

Acara ini diisi juga dengan kegiatan penyantunan anak yatim dan pemasangan cimino kepada tiga pasien hemodialisis. Dimana pasien termuda yang menjalani cuci di RSU FL. Tobing Sibolga berusia 26 tahun dan pasien tertua berusia 76 Tahun. (st)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *