Minta Penggunaan DD Ditindaklanjuti, Kantor Kajari Sibolga Didemo Warga Sorkam

oleh -296 views
Warga Desa Pahieme Satu, Kecamatan Sorkam Barat, Tapteng saat melakukan aksi demo di depan gedung Kejaksaan Negeri Sibolga

SIBOLGA NEWS – JAM 14.00 WIB

Warga Desa Pahieme Satu, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, (Tapteng) kembali melakukan aksi demo di depan gedung Kejaksaan Negeri Sibolga, Senin (5/08)

“Kepada Pak Kajari, tolong ditindak lanjuti pengaduan kami tentang penggunaan dana desa tahun anggaran 2018 yang diduga sarat dengan praktik penyelewengan yang berdampak pada kerugian negara,” ucap Kordinator aksi Baginda Simanungkalit dalam orasinya.

Dirinya pun meminta Kepala Kejari (Kajari) untuk menindaklanjuti laporan pada 19 September 2018 lalu, tentang penyelewengan dana desa yang diduga dilakukan oknum Kepala Desa Pahieme Satu.

“Karena, penggunaan anggaran badan usaha milik desa (Bumdes) diduga tidak tepat, dan tidak transparan, terutama mengenai total anggaran yang dikeluarkan dari anggaran dana desa,” katanya.

Da juga menjelaskan, manajemen Bumdes diduga tidak sesuai dengan tata kelola. Seolah – olah milik pribadi. Kemudian tidak pernah dijelaskan kepada warga berapa anggarannya, sementara desa lain membuat pagu dana.

“Kami memohon betapa puasnya kami jika Bapak memberi jawaban, Bapak pun tidak langsung jadi Kajari, pasti dari masyarakat dan gaji Bapak pun dari kami masyarakat, kami akan menunggu, berapa lama pun waktu Bapak berikan jawaban, akan kami tunggu,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kajari Sibolga Timbul Pasaribu langsung menyampaikan pihaknya sudah menerima dan telah menindak lanjuti laporan tersebut.

“Aparat desa sudah dimintai keterangan, karena ada kewajiban kami untuk sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, minta auditor dari inspektorat dan itu sudah kami laksanakan,” ujarnya usai melakukan pertemuan dengan warga desa di kantor Kejari Sibolga. (riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *