KSOP Sibolga Himbau Kapal Niaga Waspada Saat Cuaca Buruk

Daerah, Sibolga416 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 13.45 WIB

Menghadapi situasi cuaca buruk yang melanda beberapa minggu ini, KSOP Sibolga menghimbau kapal niaga untuk selalu waspada dan tetap siaga menjaga keselamatan dalam pelayaran.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga Augustia Waruwu menyampaikan kondisi cuaca di perairan Pantai Barat Sumatera saat ini cenderung hujan dan diserta gelombang tinggi.

“Sudah ada peringatan dini untuk siaga dan awas, tapi itu prakiraan yang kita dapat dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika),” ucap Tia, di Kantor KSOP Sibolga, di lokasi Pelabuhan Pelindo I, Kota Sibolga, Senin (26/08).

Dirinya mengatakan jika diketahui kondisi cuaca buruk dan dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan pelayaran, maka KSOP akan mengambil langkah penundaan keberangkatan ke setiap kapal niaga.

“Walau sudah sempat bertolak dari pelabuhan, kami minta kapal untuk kembali, karena ada juga himbauan dari Kementerian Perhubungan yang meminta untuk tetap menjaga keselamatan pelayaran. Bila kapal mengahadapi cuaca buruk dalam posisi berlayar, disarankan untuk segera berlindung di kepulauan terdekat,” ujarnya.

Selain itu, informasi Peta Prakiraan cuaca dan tinggi gelombang dari BMKG, selalu dikomunikasikan KSOP kepada seluruh kapal niaga melalui Radio. Dan untuk membantu keselamatan pelayaran, KSOP terus melakukan pemantauan posisi kapal di lautan.

“Mengenai Info perkembangan cuaca buruk ini tetap kami bagikan dan kami himbau melalui radio,” terangnya. (riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *