Kunjungan Tematik, Murid PAUD Tiara Kunjungi Kantor Damkar

oleh -134 views
Puluhan anak didik PAUD Tiara Kota Sibolga saat berkeliling kota Sibolga dengan menggunakan 1 unit mobil Damkar Kota Sibolga

SIBOLGA NEWS – JAM 8.00 WIB

Puluhan anak didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tiara Kota Sibolga kunjungi kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sibolga, Rabu (13/11) pagi.

Kehadiran para siswa beserta guru dan orang tua murid itu sontak membuat ramai kantor penjinak api tersebut.

Salah Satu Tenaga Pendidik Sekolah PAUD Tiara, Rut Juita Pandiangan mengatakan, kehadiran seluruh murid PAUD Tiara ini guna mengenalkan keberadaan dan fungsi pemadam kebakaran sejak dini.

“Sebenarnya ini program rutin belajar sambil bermain yang dilakukan PAUD Tiara, kami mencoba mengenalkan sejumlah profesi kepada para murid,” terangnya.

Dia mengatakan, bukan kali ini saja pihaknya melakukan kunjungan ke instansi luar sekolah. Namun sudah beberapa kali dilakukan diantaranya pernah melakukan kunjungan ke pusat perbelanjaan Aido, ke kantor Satuan Lalu Lintas Polres Sibolga dan lainnya.

“Ada beberapa instansi yang sudah kita kunjungi, dengan tujuan agar seluruh anak didik mengenal berbagai pekerjaan maupun profesi. Mengenalkan aneka profesi pada anak usia dini menjadi salah satu point penting dalam proses pembelajaran di PAUD Tiara,” jelasnya seraya mengatakan dengan pengenalan itu para anak didik akan mempunyai gambaran tentang cita-cita mereka.

Terkait kunjungan ke kantor Damkar, lanjutnya yakni guna mengenalkan profesi pemadam kebakaran, alat – alat yang digunakan ketika terjadi musibah kebakaran dan bagaimana cara menggunakannya, serta mengenalkan bagaimana mengatasi kalau terjadi kebakaran di lingkungan misalnya.

“Mengenalkan alat – alat saat melakukan pemadaman ketika kebakaran dan cara mengatasi kebakaran itu menjadi salah satu titik point terpenting.

Harapan kita, pasca kegiatan ini mereka bisa menjadi lebih tahu tentang profesi pemadam kebakaran, dan mereka juga paham bagaimana melakukan pertolongan pertama saat terjadi musibah kebakaran,” imbuhnya.

Amatan dilapangan, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Sibolga, Hendra Siregar bersama sejumlah personilnya dengan semangat mengenalkan asal muasal api, sumber – sumber api, dan cara – cara memadamkan api dengan peralatan pemadam.

Anak – anak usia dini tersebut juga diberikan pengetahuan dan pengenalan peralatan yang digunakan anggota pemadam dalam memadamkan api saat terjadinya kebakaran.

“Bila dalam melaksanakan tugas pemadaman tidak siap dengan peralatan dan pakaian yang lengkap, bisa berbahaya bagi keselamatan petugas yang turun ke lapangan, jelas Hendra saat memberikan arahan kepada anak – anak PAUD Tiara yang didampingi guru dan orang tuanya itu.

Pada kesempatan itu, Hendra juga mengapresiasi program PAUD Tiara yang mengunjungi Kantor Damkar Kota Sibolga dengan tujuan untuk memahami pengetahuan dasar tentang alat – alat yang dapat digunakan untuk memadamkan api.

“Sehingga, kelak mereka akan memahami dan mengetahui cara – cara kerja petugas pemadam kebakaran. Cara – cara menggunakan alat pemadam bahkan hingga bagaimana memadamkan api,” tandasnya.

Dalam kunjungan murid – murid usia dini tersebut, mereka terlihat sangat antusias dan bergembira sambil memperagakan cara penyiraman secara langsung yang dipandu oleh petugas Damkar. Bahkan diakhir kunjungan, seluruh murid dan para guru berkesempatan diajak berkeliling kota dengan menggunakan 1 unit mobil pemadam kebakaran. (riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *