Mahasiswa STP Sibolga Ikuti Pelatihan Bela Negara di Mako Lanal

Daerah, Sibolga464 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 10.05 WIB

Sebanyak 112 orang Mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga mengikuti pelatihan bela Negara di Mako Lanal Sibolga, Senin (25/11).

Kegiatan pelatihan bela negara langsung dibuka Komandan Angkatan Laut Sibolga Letkol Laut (P) Betrawarman menyampaikan kegiatan pelatihan dasar dasar bela negara ini merupakan suatu momen latihan. Bela negara bagi mahasiswa baru STP Sibolga yang diharapkan dapat meningkatan kualitas diri khususnya dalam sikap, karekter, kepemimpinan, kedisiplinan, kebersamaan, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

“Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk memperluas wawasan kebangsaan sesuai dengan tuntutan perkembangan di era milenial sekarang ini dengan dikemas secara menarik dan bersifat rekreatif guna menumbuhkan semagat bela negara di kalangan mahasiswa STP Sibolga,”  ujar Danlanal

Ia menjelaskan, tanpa menimbulkan Indoktrinisasi dan kesan keterpaksaan. Keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Laut Sibolga yang mengemban tugas diantaranya yakni pertama, menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi satuan – satuan operasional TNI Angkatan Laut. kedua μenegakkan hukum dan menjaga keamanan perairan yang menjadi wilayah kerjanya.

“Dengan Instansi dasar Bela Negara, serta pelatihan dasar yang mana kesemuanya itu ditujukan untuk dan menyiapkan komponen cadangan pelaksanaan pendukung guna komponen utama fungsi komponen tugas dan pertahanan negara yakni TNI,” ucapnya.

Betra juga menyebut, dasar bela melalui pelatihan dasar negara ini juga diharapkan akan mampu melahirkan insan bahariawan yang melahirkan insan handal dan produktif di sektor kelautan, membangun yang diharapkan kelak akan berpotensi.

“Potensi maritim nasional yang sedemikian besar kesempatan pada saya ini sampaikan terimakasih κερadα ketua yayasan STPS yang sampai saat ini masih memberikan kepercayaan kepada lanal sibolga untuk memberikan pelatihan dasar dasar bela negara kepadaadik adik mahasiswa STPS,” terangnya seraya berharap kiranya kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan dan dapat menginspirasikan berbagai lembaga pendidikan lainnya untuk turut memberikan perhatian dan pada dunia pendidikan pelatihan yang berorientasi pada bidang kelautan.

Sementara itu, Ketua Yayasan STPS Dr. Lucien P. Sitanggang mengatakan kami mengharapkan adanya pembangunan karakter mahasiswa yang berintegritas yang menjunjung tinggi nilai – nilai pancasila dan UUD 1945.

“Kami berharap mahasiswa STPS ini benar – benar menikmati proses pembinaan terutama peningkatan mentalitas yang akan di bawa didalam dunia akademi STP Sibolga serta mengharapkan dengan pelatihan bela negara ini menjadi tolak ukur bagaimana nantinya mahasiswa bisa mandiri menghadapi kompetensi kurikulum yang semakin dinamis dan kompetitip,” katanya.

Tambahnya, kegiatan bela negara ini juga merupakan syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana perikanan . (riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *