PPNI Sibolga Gelar Seminar Keperawatan

oleh -125 views
Ketua DPD PPNI Kota Sibolga Sahat P. Hutajulu Am.Kep, SKM  saat memberikan materi seminar keperawatan

SIBOLGA NEWS – JAM 10.00 WIB

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sibolga menggelar seminar keperawatan dengan tema “Optimozation Of Fulfillment 25 Credit Point dan Optimozation Emergancy Management” yang dilaksanakan di Gedung Nasional Kota Sibolga, Sabtu (30/11).

Ketua DPD PPNI Kota Sibolga Sahat P. Hutajulu Am.Kep, SKM mengatakan sesuai dengan undang – undang no 38 Tahun 2014 tentang keperawatan, bahwa pengembangan keperawatan sebagai profesi yang dalam pelaksanaanya tidak dapat terlepas dari upaya pemantapan tiga pilar yang harus dilakukan yaitu pengembangan pendidikan keperawatan, peningkatan pelayanan keperawatan dan meningkatakan tarap kehidupan profesi keperawatan.

“Dalam seminar keperawatan ini PPNI kota Sibolga juga sudah melaksanakan yang dua kalinya. Kemudian seminar ini juga kita buat untuk menambah ilmu mereka yang sesuai dengan undang – undang keperawatan. Tujuan seminar ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perawat baik di Puskesmas, Rumah Sakit dan terutama di IGD (instalansi gawat darurat),” ujarnya.

Saat ditanya mengenai Surat Tanda Registrasi (STR) dikegiatan seminar keperawatan tersebut, Sahat menjelaskan STR ini adalah sebuah SIM bagi perawat untuk melakukan praktek keperawatan baik itu secara pribadi maupun di Rumah Sakit atau di tempat sarana kesehatan lainnya.

“Karena STR ini adalah senjata bagi kita, ketika kita berhadapan masalah dengan hukum, yang dipertanyakan itu langsung adalah STRnya. Dan ini wajib yang diamanatkan oleh undang – undang keperawatan, organisasi profesi manapun itu baik itu PDGI, IDI, IBI itu semua wajib punya STR,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua HIBGABI Provinsi Sumut DR. Dudut Tanjung mengatakan diharapkan semua perawat itu terstandar dalam memberikan asuhan atau pelayan keperawatannya, sehingga pelayanan perawatan disemua fasilitas akan memberikan yang terbaik.

“Saya berharap hasil dari kegiatan ini dapat menciptakan pemahaman dan pengetahuan serta penambahan ilmu yang terstandar dalam melakukan asuhan keperawatan khususnya di Kota Sibolga,” terangnya.

Kegiatan seminar keperawatan tersebut juga di hadiri oleh Kabid Dinas Kesehatan Kota Sibolga Dr. Ivona Asfika, Ketua PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) drg. Ferdinanta, Kapus pintu Angin Sibolga dr. Erwin kosasih serta perwakilan OP Persakmi. (riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *