Pemkab Gelar Konsultasi Publik Penyusunan Ranwal RKPD Tapteng 2021

oleh -145 views
Pemkab Tapteng Gelar Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal RKPD Tahun 2021

TAPTENG NEWS – JAM 09.00 WIB

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2021 di Ruang Rapat Bappeda Tapteng, Jumat (10/01).

Rapat ini dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Aris Sutrisno didampingi Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP dan Anggota DPRD Tapteng H. Norman, SH. Disebutkan, Konsultasi Publik ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 pada Pasal 80 ayat 1 menyatakan Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Bupati Tapanuli Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Ekbang Setdakab Tapteng menyampaikan penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik merupakan forum yang sangat strategis untuk melaksanakan pembahasan bersama dengan Pimpinan Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan guna memperoleh pemahaman hingga solusi terhadap permasalahan yang ada, serta menjadi wadah untuk memberikan masukan dan saran kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Agar Pimpinan OPD menjabarkan prioritas daerah, sasaran daerah, dan indikator sasaran daerah ke dalam Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD dengan menetapkan program prioritas dan indikator kinerja yang terukur dan terkait langsung untuk mengatasi permasalahan daerah, baik di sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sektor lainnya,” katanya

Selanjutnya, Ketua DPRD Tapteng Antonius Hutabarat, SP yang dibacakan H. Norman, SH menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam rangka menyempurnakan Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 agar selanjutnya menjadi Rancangan RKPD yang akan dibahas dalam forum yang lebih besar, yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD.

“DPRD Tapteng sangat mendukung diadakannya kegiatan tersebut serta mengajak peserta untuk aktif memberikan saran dan pendapat demi penyempurnaan Rancangan Awal RKPD yang lebih baik,” ujarnya

Selanjutnya, Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP memaparkan Ranwal RKPD Tapteng Tahun 2021 yang menjelaskan Gambaran Umum Daerah, Kerangka Ekonomi Daerah dan Keuangan Daerah, Sasaran dan Prioritas Pembangunan Daerah, Rencana Kerja dan Pendanaan Daerah, serta Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Paparan itu juga disampaikan oleh Kepala BPS Tapteng, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Tapteng, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tapteng, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Tapteng, dan beberapa OPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP mengatakan Pemerintah Daerah wajib menyusun Ranwal RKPD sebagai langkah awal dalam menyusun RKPD.

“Kami berharap sinergitas OPD untuk mewujudkan dengan target-target yang dimuat pada RPJMD sebagaimana yang dijabarkan dalam Rancangan Awal RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021 sehingga visi dan misi Kabupaten Tapanuli Tengah dapat terwujud dengan baik,” jelasnya

Acara ini turut dihadiri Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, Organisasi  Kepemudaan, Pimpinan Perguruan Tinggi, serta Lembaga Swadaya Masyarakat di Tapteng. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *