oleh

15 Hektar Hutan Terbakar di Lumut

TAPTENG NEWS – 11.00 WIB

Sekitar 15 hektar lahan milik perusahaan perkebunan PT Fajarindah Anindya (PT FIA) yang ada di Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapteng terbakar, pada Minggu (23/02) sekitar jam 11.00 Wib.

Hal ini disampaikan oleh Camat Lumut H. Kadirun Hasibuan, malam usai dari lokasi kebakaran

“Kebakaran lahan kebun PT FIA, blok 1 dan blok 2 Gunung Payung Kelurahan Lumut diketahui terjadi atas laporan warga bernama Januar Waruwu, yang sedang memancing dan melihat api di lahan PT FIA sudah berkobar,” kata Kadirun.

Baca Juga :  Kepemilikan Tanah Disoal, Pulaknya Bukan Ahli Waris Memperjual Belikan

Selanjutnya, Januar langsung memberitahukan kepada Manager PT FIA, Sunar Koto. Mendengar itu, Manager PT FIA melapor pada BKO Koramil 04/PS, Sertu Panggabean Hasibuan,” sebutnya.

Selain itu, Sertu Panggabean Hasibuan koordinasi dengan Babinsa Lumut, TN. Berutu dan dibantu Petugas BPBD Kecamatan Lumut, Maju Simatupang, bersama seluruh karyawan PT FIA langsung menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan api, pada jam 16.30 Wib, api sudah dapat dipadamkan.

Camat Lumut H. Kadirun Hasibuan, S.Pd mengatakan luas lahan PT FIA yang terbakar dan berhasil dipadamkan diperkirakan 15 hektare.

Baca Juga :  Baznas Pemkab Tapteng Serahkan Zakat Bilal Mayit & Rubiah

“Kami telah laporkan Karhutla ini kepada Bupati Tapanuli Tengah, bahwa Bupati berpesan hal ini tidak boleh terulang kembali dan pemerintah Kecamatan, Lurah, kepala desa, berkoordinasi dengan instansi terkait untuk benar – benar memonitor dan mencegah terjadinya karhutla di wilayah masing – masing.

“Tindakan kesengajaan atau kelalaian kita serahkan kepada aparat Kepolisian untuk menyelidikinya,” pungkasnya. (ben)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed