oleh

Lumsedia Sitompul Terpilih Jadi Ketua Dekopin Sibolga

 

Lumsedia Sitompul terpilih menjadi ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Sibolga periode 2021-2025. Ia terpilih secara aklamasi dalam musyawarah daerah (Musda) Dekopin Kota Sibolga, di RM Thamrin Sibolga, Selasa (5/10/2021).

Istri Wakil Wali Kota Sibolga itu pun berjanji memegang teguh amanat dan kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai ketua Dekopin Sibolga terpilih.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Mudah-mudahan, Dekopin Sibolga yang sempat vakum akan kembali bangkit dan berjaya ke depan,” ucap Lumsedia

Musda Dekopin Sibolga sebelumnya dibuka Wali Kota, Jamaluddin Pohan diwakili Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum, Hendra Darmalius.

Dia menjelaskan, Dekopinda sebagai mitra pemerintah punya tiga fungsi, di antaranya fasilitasi yang berperan untuk mendorong pembentukan koperasi pasar agar terhindar dari rentenir.

Baca Juga :  Ayah Cabuli Anak Tiri Hingga Hamil, Janin Dibuang Kedalam Parit

Kemudian fungsi edukasi, untuk mewujudkan insan koperasi yang andal berkualitas melalui pelatihan, penyuluhan, diskusi dan kegiatan keilmuan lainnya.

“Fungsi ketiga adalah advokasi, untuk memberikan bantuan hukum atau mendampingi pengurus koperasi yang terjerat masalah hukum,” kata Hendra.

Berdasarkan online data system per 31 Desember 2020, ditemukan banyak koperasi yang mengalami penurunan modal sendiri dan modal luar, sehingga berpengaruh terhadap keberadaan dan keberlangsungan koperasi.

“Tak sedikit koperasi yang melaporkan kesulitan operasional, sebab anggotanya tak sanggup membayar cicilan dan banyak yang menarik simpanan di koperasi simpan pinjam,” katanya.

Baca Juga :  19 Batang Kayu Tanpa Dokumen Diamankan Satpol Air di Perairan Panakalan

Di sisi lain, terjadi pula peningkatan pengaduan anggota mengenai perselisihan atas penyelesaian pinjaman yang bermasalah lantaran aktivitas usaha anggota maupun masyarakat yang gulung tikar dan akhirnya tutup sebagai dampak Covid-19.

Pemko Sibolga berharap, pengurus baru Dekopin Sibolga nantinya dapat meningkatkan taraf perekonomian menuju lebih baik dengan menyentuh langsung koperasi dan pelaku usaha yang terkena dampak pandemi.

“Dekopin Sibolga harus bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat untuk bangkit dan terus bergerak maju,” katanya.

Usai musda, James L Purba mewakili Ketua Dekopinwil Sumut, Jabmar Siburian mengukuhkan Lumsedia Sitompul sebagai Ketua Dekopinda Sibolga terpilih ditandai penyerahan berita acara musda dan penyematan pin Dekopin. (riz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed