Isu Calo Surat Suara di LN , KPU-Bawaslu Akan Mengecek Hal Itu

oleh -81 views
Gedung KPU. (Foto: ist/24JAM)

JAKARTA NEWS – JAM 14:51 WIB

Founder komunitas Foreign Policy Community of Indonesia, Dino Patti Djalal, mengadukan adanya dugaan calo suara di Malaysia. KPU menyebut akan mengecek hal itu.

“Saya nggak ngerti dari mana (kabar calo) ya, nanti kita ceklah ya,” kata komisioner KPU, Ilham Saputra, di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Ilham pun heran bagaimana calo itu bekerja. Pasalnya, bagi warga Indonesia yang tinggal di luar negeri itu, untuk mencoblos pasti akan diperiksa identitas dan foto wajahnya. Menurutnya, peluang untuk digantikan calo tidak dimungkinkan.

“Ya nggak bisa, kan peraturan kita jelas, harus orang itu yang datang. Kecuali melalui pos, kalau melalui pos gimana caranya dia datang? Orang langsung ke orang itu,” jelasnya.

“Gimana cara bentuknya calo itu, wong kita di TPS udah jelas, harus punya paspor karena dia punya KTP kita lihat benar orangnya ini, bahkan sebagian teman-teman pakai barcode, di Singapura dan Perth pakai barcode,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, mengaku pihaknya belum pernah menemukan seperti apa yang dilaporkan Dino Patti.   Menurutnya, ini jadi warning buat Bawaslu. Dia juga mengatakan akan melakukan pengawasan intensif saat pencoblosan di Luar Negeri (LN).

“Kami terima kasih kepada Pak Dino mengenai informasi tersebut, tapi kita butuh pembuktian, kita sedang klarifikasi ke luar negeri Malaysia untuk melakukan. Pertama, akan pengawasan lebih intensif; kedua, apakah benar ada atau tidak sedang kita selidiki,” kata Bagja.

Sebelumnya, Dino mengadukan adanya dugaan calo suara di luar negeri. Dia mengatakan calo suara ini menawarkan jaminan suara bagi caleg.

Kerawanan dugaan ini disebut terjadi di Malaysia. Berdasarkan laporan yang diterimanya, para caleg ditawari 15-50 ringgit untuk satu suara di Dapil DKI Jakarta II. Dia menyebut banyak caleg yang mengadukan hal tersebut kepadanya. (dt/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *