Wabub Darwin Buka Kegiatan Penguatan Kelembagaan PUG Melalui Pendampingan Pengisian Form Evaluasi APE

oleh -34 views
Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul membuka secara resmi Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Pendampingan Pengisian Form Evaluasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Aula Kantor Bupati Tapanuli Tengah

TAPTENG NEWS – JAM 11.00 WIB

Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul membuka secara resmi Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Pendampingan Pengisian Form Evaluasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Aula Kantor Bupati Tapanuli Tengah, Rabu (07/08).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dengan menghadirkan Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA RI Muhammad Ihsan, S.Ag, MA sebagai narasumber.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul mengatakan tujuan acara ini adalah untuk mengetahui keberhasilan kinerja suatu program/kegiatan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Tapteng.

“Di Tapanuli Tengah, kesetaraan gender ini sudah diorientasikan dalam semua kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan gender. Untuk menegaskan komitmen itu, telah diterbitkan Peraturan Bupati Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Keputusan Bupati Nomor 111/PPPA/2018 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2018,” katanya.

Harapan saya, dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan kita semua untuk lebih memahami perlunya mendorong terwujudnya pembangunan yang responsif gender secara sistematis dan berkelanjutan.

“Pemantauan dan evaluasi pengarusutamaan gender penting dilakukan, termasuk pengisian Form Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini. Dengan kegiatan ini kiranya dapat terwujud database, monitoring, dan evaluasi atas gender, pemberdayaan perempuan dan perlinduangan anak di Kabupaten Tapanuli Tengah yang semakin baik,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) PPPA Tapteng Tioprida Sitompul, SE melaporkan bahwa melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat ditingkatkan peran serta OPD dalam percepatan pengarusutamaan gender di Tapteng.

“Salah satu hal yang penting untuk meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya atau APE adalah melalui pengisian instrumen evaluasi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Tapanuli Tengah, penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG), dan komitmen lintas sektor dalam mewujudkannya. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ini akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia pada saat pelaksanaan Hari Ibu,” kata Tioprida dalam laporannya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA RI Muhammad Ihsan, S.Ag, MA, mewakili Kadis PPPA Provinsi Sumatera Utara, Kadis PPPA Tapteng dan jajarannya, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng), serta para Peserta Pendampingan Pengisian Form Evaluasi APE dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Tapteng. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *