oleh

Prihatin Tragedi Kemanusian Wamena, Jamil Desak Pemprovsu Kirim Bantuan

SIBOLGA NEWS – JAM 16.00 WIB

Terkait tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena Papua, Pimpinan sementara DPRD Kota Sibolga mengaku sangat prihatin. Tragedi tersebut diketahui menyebabkan sedikitnya 33 warga meninggal dunia dan puluhan warga lainnya mengalami luka – luka.

Melalui Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, DPRD Kota Sibolga mendesak Pemerintah Provinsi Sumut agar segera mengirimkan bantuan bagi korban tragedi kemanusian tersebut. Mengingat, banyaknya warga Sumut sebagai perantau yang menjadi korban tragedi Bumi Cendrawasih.

“Kita cukup prihatin dengan kejadian di Wamena Papua. Banyak warga Sumut disana yang merantau, yang menjadi korban kekerasan. Kita meminta agar pemerintah Provinsi Sumut segera mengirimkan bantuan bagi mereka. Seperi bantuan obat – obatan dan makanan. Kita dapat bayangkan bagaimana mereka para korban berada di tempat pengungsian,” kata Jamil di ruang kerjanya, Jumat (4/10).

Baca Juga :  Adanya Tudingan Walikota Lakukan Intervensi, Edi Polo : Lembaga DPRD Sibolga Jangan Mendengar Sepihak

Bila perlu lanjut Jamil, Pemprovsu harus memikirkan cara pemulangan para korban ke kampung halamannya masing – masing. Karena dari informasi yang diterima, kondisi para korban sangat memprihatinkan. Karena seluruh harta benda mereka telah habis dibakar.

“Bagaimana cara memulangkan mereka, itu satu yang harus dipikirkan pemerintah Sumut. Kita kawatir dengan kondisi mereka disana. Harta benda mereka sudah tidak ada lagi, sudah habis dibakar dan dijarah. Tidak ada lagi yang tersisa, hanya pakaian dibadan. Artinya, untuk melanjutkan hidup pun mereka sudah tidak mampu. Sehingga, banyak dari mereka yang meminta agar dipulangkan ke Sumatera,” ketusnya.

Tak hanya kepada Pemprovsu, dia juga mengimbau Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Provinsi lainnya untuk membantu warganya yang juga menjadi korban tragedi Wamena.

Baca Juga :  Wabup Darwin Buka Bimbingan Teknis Pembuatan SKP TA 2019

“Warga Minang pun banyak yang menjadi korban. Dan kita pun turut berduka dengan kejadian itu. Untuk itu, kami berharap hal yang sama, agar pemerintah sumatera barat segera mengirimkan bantuannya,” kata Jamil.

Selain itu, Politisi Golkar ini juga mengimbau kepada semua pihak, pemangku jabatan, baik pemerintah maupun legislatif, agar segera menanggulangi kondisi di Wamena dengan penuh kesadaran akan kewajiban dan tanggungjawab.

“Pangku jabatan, harus sadar dengan tanggungjawabnya terhadap korban yang ada di Wamena. Segera dicari cara untuk menanggulangi keadaan disana. Jangan sampai tragedi kemanusiaan ini berkepanjangan. Ini adalah tanggungjawab kita bersama,” pungkasnya. (hen)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed