Pupuk Bersubsidi Langka, Petani Desa Pahieme I Mengeluh

oleh -159 views
Foto Ilustrasi

TAPTENG NEWS – JAM 16.00 WIB

Petani padi di Desa Pahieme I, Kecamatan Sorkam Barat (Tapteng) mengeluh akibat kelangkaan berbagai jenis pupuk bersubsidi seperti Urea dan Ponska, mereka khawatir pertumbuhan padi sulit untuk berkembang.

“Saat ini kita kesulitan mendapatkan berbagai jenis pupuk subsidi, padahal tanaman padi sudah memasuki musim pemupukan. Kita  khawatir kalau tidak dipupuk pertumbuhan padi terganggu dan berdampak pada hasil panen nantinya,” ucap Mauli Roha salah seorang petani Desa Pahieme I, Minggu (13/06/2021)

Baca Juga :  Tahanan Polres Sibolga Meninggal

Dia mengatakan, akibat kelangkaan pupuk membuat pertumbuhan tanaman yang baru ditanam kini terganggu karena kurang asupan, tanaman mulai mengering dan daunnya pun berwarna kekuningan.

Kondisi yang seperti ini hampir merata di seluruh Desa Pahieme I terkhususnya bagi petani yang  bercocok tanam padi,” jelasnya.

Dia mengaku akibat kelangkaan pupuk ini mereka tidak bisa melakukan pemupukan seperti biasanya.

Baca Juga :  Dinkes Provsu Gelar Forum Koordinasi Pelaksanaan “GERMAS” di Tapteng

Maka dari itu, kami warga Desa Pahieme I khususnya para petani berharap agar pemerintah bisa melihat kondisi saat ini, serta mencari solusi dalam hal penyediaan pupuk.

“Agar kami warga petani tidak kewalahan turun ke sawah khususnya bagi petani yang baru melakukan musim tanam,” ungkap Mauli. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *