oleh

Rehab Bangunan SDN di Lumut Tanpa Papan Proyek Dipertanyakan

TAPTENG NEWS – JAM 10.00 WIB

Anggaran rehabilitasi gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 157619 Lumut 4, Kecamatan Lumut, tepatnya di Jalan Lingkar Kampung Mandailing, Sumatera Utara dipertanyakan warga setempat.

Alasan warga, proyek rehab bangunan SD Negeri tersebut tanpa memperlihatkan papan proyeknya.

Menyikapi kecurigaan warga terhadap proyek tersebut, Aktivis Pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah Kartono Situmeang ketika diminta tanggapannya, Kamis (16/9/2021), menyayangkan ada pembangunan SD Negeri tanpa papan proyek.

Dirinya menegaskan, agar pihak rekanan pelaksana pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara, harus memasang papan nama proyek.

“Selain untuk memudahkan pengontrolan, juga agar masyarakat dapat mengetahui bangunan apa yang sedang dikerjakan, serta sumber dana dari mana dan siapa pelaksananya. Disamping itu, masyarakat bisa melihat masa kontrak pekerjaan dan besar anggaran dapat di ketahui khalayak umum,” ujar Kartono

Baca Juga :  Gelar Unras di Depan Kantor Walikota, HMI Menuntut Pilkada Ditunda

Kartono mengkhawatirkan, jika plang tidak segera dipasang, akan menimbulkan pertanyaan di tengah-tengah masyarakat tentang transparansi penggunaan anggaran oleh Pemerintah. Selain itu, pihak terkait juga akan kesulitan dalam melakukan pengawasan dan pengontrolan.

Masih kata Kartono, munculnya pembangunan fisik yang dibiayai oleh negara yang tidak memakai plank proyek, dinilai akibat lemahnya pengawasan dari instansi terkait. Untuk meminimalisir penyelewengan anggaran dan memudahkan pihak terkait melakukan pengawasan, Ia meminta Kuasa pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat pembuat Komitmen (PPK) dinas terkait segera menindaklanjuti pemasangan papan nama.

“Berdasarkan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012 menegaskan, setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara, wajib memasang papan nama proyek, diantara memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak dan mulai pengerjaan, pelaksana proyek atau kontraktor, nilai kontrak dan jangka waktu atau lama pengerjaan,” timpalnya.

Baca Juga :  Penulis Togel Sidney di Terminal Ditangkap

Terpisah, Kepala SDN 157619 Lumut 4, Sondang Rosida Situmeang, yang dikonfirmasi melalui telepon selluler menyebutkan, rehabilitasi ruang kelas yang sedang berlangsung tidak melibatkan pihaknya. Seluruh kegiatan pekerjaan dilakukan oleh rekanan. Pihak sekolah hanya menyediakan tempat penitipan material bangunan. Ia juga mengaku tidak mengetahui dari mana sumber dana pembangunan berasal.

“Kita tidak ada terlibat dalam pelaksanaannya. Mereka pernah datang, foto-foto, lalu pergi lagi,” jawabnya. (ben)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed