Pemkab Dairi Resmikan Bumdes Martabe Desa Bunturaja

Daerah, Dairi, Sumut568 Dilihat

DAIRI NEWS – JAM 10.00 WIB

Bupati Dairi, Eddy KA Berutu resmikan Bumdes Martabe di Desa Buntu Raja. Ia mengapresiasi Kepala Desa Bunturaja, Robinson Silaban dengan inovasi Bumdes yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang bergerak di bidang air minum atau depot penyuplai air minum. Senin (11/10/21).

Disampaikan bahwa pembangunan harus dimulai dari desa. Hal itu sudah disampaikan Presiden Joko Widodo dengan mengucurkan dana ke seluruh desa yang ada di Indonesia.

“Di era Presiden Jokowi, beliau ingin melihat dana desa yang sudah dikucurkan apakah dimanfaatkan dengan baik oleh desa. Itu tanggung jawab yang besar saat ini bagi kami,” sebutnya

Eddy juga mengatakan bahwa sekarang ini pemerintah pusat memberikan dukungan dana untuk pembangunan dermaga di Silalahi, sebentar lagi Dairi juga akan memiliki gedung perpustakaan tiga lantai yang akan dibangun di Taman Rekreasi (Tamrek) Sidikalang.

“Selain  dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pelebaran jalan dari Simpang Tiga Sitinjo menuju Kota Sidikalang,” terang Bupati.

Ditambahkannya, dalam ketentuan undang – undang Cipta Karya yang baru, Bumdes didorong untuk lebih efektif dan inovatif.

“Harapan saya Bumdes ini akan lebih efektif, sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Saya akan dukung penuh Bumdes ini, mari tetap terus berkarya,” harapnya

Sebelumnya, Kepala Desa Buntu Raja Robinson Silaban mengatakan, Bundes yang didirikan sudah berjalan 3 tahun. Namun karena adanya pandemi Covid-19, sehingga baru hari ini bisa diresmikan.

“Bumdes ini bergerak salah satunya di bidang air minum dan menyuplai air minum bagi warga di Desa Buntu Raja dengan pelanggan air sebanyak 142 KK,” kata Robinson.

Direktur Bumdes Martabe, Hariyanto Lumban Gaol mengatakan, ke depan mereka akan melakukan pengembangan Bumdes lainnya, seperti pengadaan pupuk dan gas elpiji.

“Kami barharap ada saran dan masukan dari Bupati Dairi, agar kiranya Bumdes kami ini bisa berkembang dan berjalan dengan baik. Bumdes ini sudah menyerap PAD antara 2% – 3,5%,” sebut Hariyanto.

Camat Siempat Nempu Landong Napitu menyebutkan, dari segi kinerja, Kepala Desa Buntu Raja memiliki program yang inovatif. (Lipsum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *