Peduli Lingkungan, Polres Sibolga Tanam 3000 Pohon Mangrove

Daerah, Sibolga, Sumut218 Dilihat

SIBOLGA NEWS – JAM 09.30 WIB

Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Polres Sibolga melaksanakan giat penanaman 3000 pohon mangrove guna melestarikan Lingkungan Hidup.

Penanaman itu berlangsung di Areal Bufer Zoom Pertamina, Jalan Sibolga Baru, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga. Kamis (28/10/2021) sekitar jam 09.30 Wib.

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, S.H, S.I.K melalui Kasi Humas POlres Sibolga, IPTU R. Sormin mengatakan giat penanaman 3000 mangrove secara bersama – sama guna melestarikan Lingkungan Hidup dan dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

“Hal ini juga guna mempererat silaturahmi untuk tetap memelihara kondusifitas situasi Kamtibmas khususnya di kota Sibolga,” kata Sormin

Dijelaskan Sormin, kegiatan ini sebelumnya merupakan gagasan Kapolres Sibolga pada saat melaksanakan acara coffe morning dan silaturahmi Kamtibmas dengan tokoh agama, organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan sekota Sibolga.

“Kegiatan ini dikemas untuk merangkul elemen tokoh agama, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan dan tokoh pemuda guna membangkitkan soliditas bersama, untuk mewujudkan kondusifitas situasi Kamtibmas khususnya di wilayah kota Sibolga, melalui kegiatan positif yang diprakarsai oleh Polres Sibolga bersinergi dengan unsur TNI dan TBBM Pertamina” jelasnya

Sebelum penanaman mangrove kata Sormin, Kapolres Sibolga memberikan tali asih berupa sembako kepada 25 orang warga lansia yang telah mengikuti vaksinasi, sembari memberikan dorongan dan motivasi bagi warga lansia yang belum mengikuti vaksin supaya berkenan mengikutinya melalui kunjungan yang akan dilaksanakan oleh Polres Sibolga bersama tim vaksinator rekrutan Polres Sibolga ke kediaman para Lansia.

“Serta memberikan penghargaan terhadap Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Ormas yang telah berperan aktif penanaman pohon mangrove sebanyak 2076 dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI ke 76 pada tanggal 17 Agustus 2021,” ujarnya menambahkan adapun penenanaman pohon mangrove jenis Rhizofora. SP

Sementara itu, ahli tanaman Mangrove Wibi Nugraha menjelaskan tata cara penanaman Pohon Mangrove.

“Karena pesisir pantai kota Sibolga situasinya bergelombang air laut antara ketinggian 80 cm sampai dengan ketinggian 1 M dan berhadapan dengan samudera hindia, maka untuk metode tanamnya tidak dapat ditanam secara langsung, yaitu dengan menggunakan media bambu sebagai pelindung  setinggi 1 Meter (metode Pot), dan didalamnya diisi batu karang, tanah liat dan lumpur kemudian dibungkus karung,” sebutnya.

Amatan, selanjutnya masing – masing perwakilan dari Instansi dan organisasi melakukan penanaman bibit pohon mangrove yang telah disediakan di media Pot.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, S.Sos, mewakili PT. Pertamina Sibolga Siktus Situmorang, mewakili Danlanal Sibolga Letda (P) Laut Tangi Lumbantoruan, Kasat Intelkam AKP Agus Adhitama, SE, Kasat Binmas AKP Daniel Makawangkel, Kasi Humas Iptu R.Sormin,S.Ag, Personil Polres Sibolga, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dan Organisasi Kepemudaan, serta lansia berjumlah 25 orang. (Pain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *